Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Lambat

Tips Untuk Mengatasi HP Android Yang Lambat - Android merupakan smartphone yang sangat populer pada saat ini. Apalagi kini telah hadir lebih dari 700.000 aplikasi yang tersedia di google play yang bisa diunduh secara gratis maupun berbayar.  Terkadang karena pengguna terlalu asyik dalam menggunakan smartphone android biasanya mereka lupa dalam hal perawatan. Masalah yang sering terjadi yaitu smartphone menjadi lambat. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab utama yang membuat Hp Android menjadi lambat, diantaranya disebabkan oleh Kinerja (Random Acces Memory) RAM smartphone yang terganggu akibat menumpuknnya aplikasi yang dibuka secara bersamaan.

ilustrasi
Seperti yang kita ketahui kini telah banyak sekali smartphone android yang murah yang memasuki pangsa pasar telepon seluler di tanah air. Sayangnya maraknya smartphone murah tersebut tidak diimbangi dengan dukungan RAM yang mumpuni. Hal ini akan menimbulkan masalah yang berkepanjangan. Kinerja RAM akan terganggu karena terlalu penuh dan berimbas kinerja smartphone Android menjadi melambat. Terkadang smartphone nge-Hang dan kita harus me-Restart agar smartphone menjadi normal. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk mengatassi kinerja smartphone android yang lambat.

1. Memori Internal penuh.

Terlalu banyak menginsatall aplikasi tentu akan membuat memori Internal yang ada di dalam smartphone android menjadi penuh. Hal tersebut akan mengakibatkan kinerja smartphone android terganggu. Apalagi sering muncul pemberitahuan terus menerus perilhal memori internal yang penuh. Tentu saja hal ini akan menggangu pengguna dalam memakai smartphone. Biasanya smartphone android murah memiliki spek yang rendah dan memiliki memori internal yang sedikit. Sehingga kinerja smartphone menjadi lambat. Untuk mengatasi memori internal yang terbatas, pengguna bisa memindahkan aplikasi ke dalam memori eksternal dengan menggunakan beberapa aplikasi antara lain link2sd , App2SD, Move2SD , fungsinya adalah memindahkan aplikasi yang seharusnya disimpan di dalam memory internal ke dalam memory eksternal, syaratnya smartphone android harus di root terlebih dahulu.

2. Hilangkan Aplikasi yang kurang dibutuhkan pada hp android.
Biasanya karena terlalu asyik mendownload aplikasi di internet terkadang kita lupa fungsi dan manfaat aplikasi yang telah kita download. Perlu disadari bahwa terlalu banyak aplikasi yang diinstall akan memakan space memory internal. Terlebih jika aplikasi tersebut berjalan bersama-sama dengan aplikasi yang lain. Hal ini menyebabkan kinerja RAM terganggu, memori internal penuh dan lebih parah lagi bisa menyebabkan baterai smartphone cepat habis. Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna bisa menghapus beberapa aplikasi yang kurang penting atau memang jarang sekali digunakan. Agar kinerja smartphone android lebih optimal.

3. Tutup aplikasi yang aktif di background.
Android mempunyai kelebihan dapat membuka aplikasi secara bersamaan atau multitasking, terkadang kita sendiripun tidak mengetahui aplikasi apa sajakah yang masih akti. Sayangnya kebanyakan aplikasi yang berjalan di android tidak memiliki tombol close untuk menutup progra. Imbasnya akan banyak sekali aplikasi yang berjalan di dalam backgroud. Aplikasi tersebut tentu memakan banyak RAM dan dapat dipastikan kinerja smartphone android menjadi lambat. Parahnya lagi smartphone bisa nge-Hang sehingga pengguna terkadang me-restart ponselnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut pengguna bisa memantau aplikasi yang berjalan di background. Banyak sekali aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau kinerja RAM semisal TaskManager. Atau Anda bisa melakukan dengan cara manual yaitu dengan menekan dan menahan tombol home dan lalu pilih aplikasi yang ingin di close.

 4.  Hapus Cache
Sama halnya dengan komputer di dalam smartphone android juga terdapat cache. Terlalu sering browsing dan menjelajahi dunia maya menyebabkan cache di dalam smartphone menjadi penuh. Cache tersebut akan membebani memori internal dalam smartphone. Jadi semakin sering browsing cache juga akan semakin banyak sehingga kinerja smartphone menjadi lambat. Untuk mengatasinya pengguna bisa menghapus cache secara berkala setelah melakukan browsing di internet atau bisa menggunakan berbagai aplikasi yang bisa digunakan membersihkan cache semisal CleanMaster.
5.  Jangan Menggunakan Theme Yang Berat
Hal ini yang sering dilupakan oleh banyak pengguna smartphone adnroid. penggunaan Theme yang berat akan memakan banyak RAM  selain itu juga akan menghabiskan daya baterai. Kinerja smartphone android juga akan semakin berat.Untuk mengatasi hal tersebut pengguna bisa memilih thema yang memiliki spek ringan namun memiliki tampilan yang bagus. Atau bisa menggunakan thema standar yang ringan dan tidak memakan banyak RAM.

Demikian merupakan beberapa tips untuk mengatasi smartphone Android yang lambat. Alangkah bijaksanan jika Anda memilih android yang memiliki RAM yang tinggi agar kinerja smartphone android lebih optimal dan gunakan ponsel secara bijak. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »