Cara Membuat Screenshot Smartphone Android (tanpa aplikasi)

Virtual Android - Cara Membuat Screenshot Smartphone Android (tanpa aplikasi) - Pernahkah suatu ketika Anda ingin memotret layar ponsel Anda sendiri dan menyimpannya ke dalam format gambar. Dalam moment tertentu terkadang Anda memnemukan sesuatu yang menarik dan Anda ingin mengabadikannya agar suatu saat bisa kita tunjukkan kepada orang lain atau hanya sekedar sebagai koleksi. Kadang kita bingung bagaimana cara memotret layar smartphone (baca: screenshot) padahal kita sedang dalam moment yang tepat dan kita tidak memiliki aplikasi apapun untuk membuat screenshot layar.

ilustrasi
Nah, bagi Anda pengguna smartphone android patut berbangga hati karena sebenarnya Smartphone Android mampu melakukan capture layar home di smartphone tanpa memerlukan aplikasi capture layar maupun screenshot. Namun untuk beberapa perangkat android terkadang memiliki cara yang berbeda-beda karena masing-masing perangkat android memiliki design yang berbeda-beda tergantung sang developer. Untuk membuat screenshot biasanya kita harus menekan kombinasi beberapa tombol tertentu. Berikut ini akan saya bagikan trik untuk melakukan capture layar atau yang sering disebut screenshot.

1. Perangkat Samsung
Pertama kita mulai dari perangkat samsung, karena kebetulan smartphone yang saya gunakan adalah Samsung. Dalam perangkat smartphone samsung biasanya juga memiliki beberapa tipe sehingga perlu cara yang berbeda tergantung dari tipe HP Samsung

a. Untuk perangkat Smartphone Samsung yang memiliki tombol "home" secara fisik.
Jika perangkat Samsung Anda memiliki tombol home fisik semisal samsung galaxy y, galaxy duos, dan sejenisnya maka Anda bisa mengambil screenshot dengan menekan tombol “Home” bersamaan dengan tombol “Power”. Tekan tombol hingga layar gadget Anda berkilat dan muncul notifikasi bahwa screenshot sudah tertangkap.

b. Untuk perangkat Smartphone Samsung yang tanpa tombol "home" secara fisik
Jika perangkat Samsung Anda tidak memiliki tombol home fisik semisal samsung galaxy chat, Samsung Galaxy Note 10.1 dan Galaxy Camera tidak memiliki tombol Home fisik. Untuk perangkat seperti ini dan yang sejenis kombinasi tombol yang ditekan untuk mengambil screenshot adalah tombol “Volume” naik dan tombol”Power”. Tekan dan Tahan tombol power dan volume up hingga gambar terambil 

c. Untuk perangkat Smartphone Samsung yang dilengkapi S pen
Untuk perangkat Samsung Android  yang menggunakan S Pen seperti seri Galaxy Note, dapat menggunakan S Pen-nya untuk mengambil gambar screenshot. Caranya adalah dengan menekan tombol S Pen dan sentuhkan S Pen ke layar. Maka layar akan berkedip lalu gambar screenshot akan terbuka otomatis dan anda bisa menyimpannya kedalam smartphone.

d. Untuk perangkat Smartphone Samsung dengan dukungan gerakan tangan 
Biasanya perangkat dengan dukungan gerakan tangan dimiliki oleh perangkat kelas atas. Untuk mengambil gambar screenshot cukupdengan menyapukan layar dengan sisi tangan kita. Untuk membuka fitur ini Anda sebelumnya kita harus membuka “Settings” lalu “Motion “ dan aktifkan pilihan “Palm swipe to capture”. Cara ini sangat mudah dilakukan bukan.

2. Perangkat Sony Experia
Cara untuk membuat screenshot pada smartphone Sony Experia hampir sama dengan perangkat samsung. Pada perangkat Sony Xperia kombinasi tombol yang digunakan adalah tombol “Volume” turun dan tombol “Power” maka layar akan berkedip dan akan muncul notifikasi jika pengambilan screenshot berhasil. Selain bisa dilakukan dengan cara menekan dan tahan tombol “Power” dan memilih pilihan “Take Screenshot”.

3. Perangkat Nexus  
Untuk perangkat Android Nexus bisa membuat screen capture hanya dengan menekan tombol Volume turun dan tombol Power hingga terdengar suara kamera. Ikon screenshot akan berkedip cepat selain itu juga akan muncul yang notifikasi menandakan bahwa pengambilan gambar berhasil.

4. Perangkat LG
Untuk perangkat LG cara membuat screenshot sama dengan perangakt Android  Nexus caranya yaitu dengan menekan kombinasi tombol “Volume” turun dan “Power”. Tekan dan tahan tombol-tombol ini hingga layar berkedip dan terdengar suara jepret kamera selain itu akan muncul notifikasi setelah gambar berhasil tertangkap.

5. Perangkat HTC
Pada perangkat Android HTC, cara menangkap gambar screenshot masih serupa dengan produk Samsung yaitu dengan menekan tombol Home dan tombol Power. Namun cara mengekseskusinya sedikit berbeda yakni dengan menekan tombol ”Power” terlebih dahulu lalu tekan tombol “Home” dengan cepat. Layar akan berkedip dan akan terdengar suara kamera. Notifikasi juga akan muncul menunjukkan gambar screenshot sudah disimpan.

Demikan merupakan beberapa cara yang bisa digunakan untuk Membuat Screenshot Smartphone Android (tanpa aplikasi). Setiap perangkat memiliki cara yang hampir sama dengan lainnya. Dengan trik ini Anda bisa membuat screenshot di ponsel sepuasnya dan bisa dibagikan kepada teman-teman anda.
Previous
Next Post »