Tips untuk Mengamankan Smartphone Android

Virtual Android - Tips untuk Mengamankan Smartphone Android. Untuk mencegah tindakan yang tidak diinginkan, sebaiknya smartphone Anda diamankan melalui sejumlah fitur pengaman yang bisa diaktifkan dengan mudah. Baca juga cara mengatasi kunci pola android akibat lupa.
Tips untuk Mengamankan Smartphone Android
Tips untuk Mengamankan Smartphone Android

Data dan privacy anda merupakan sesuatu yang penting dan berharga, jangan sampai data anda seperti pesan pribadi, foto dan catatan penting anda dalam smartphone di gunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Beberapa cara berikut ini bisa Anda terapkan demi mengamankan smartphone Android Anda dari orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Berikut ini merupakan cara mudah untuk mengamankan ponsel Android yang bisa Anda coba.

Mengaktifkan screen lock

Anda bisa menyelamatkan data-data yang ada dalam ponsel dengan cara mengaktifkan screen lock atau pengunci layar. Bila perlu Anda menggunakan screenlock dengan pemindai sidik jari. Fitur bisa ini ditemukan di menu settings atau security.

Menyalakan Android Device Manager

Fungsi dari Android Device Manager adalah dapat digunakan untuk melacak posisi perangkat yang hilang, kemudian menghapus data-data di dalamnya agar tidak bisa dibuka oleh orang lain. Anda bisa mengaktifkannya dengan cara membuka aplikasi Google Settings. Pastikan location services perangkat Anda dinyalakan dengan mengunjungi aplikasi Settings > Location.

Melakukan backup data penting

Backup data memang wajin dilakukan untuk mencegah kehilangan file-file penting yang ada di smartphone Android. Anda bisa melakukannya dengan cara manual, yaitu copy paste di komputer atau laptop. Namun bisa juga melakukan back up data di cloud seperti Dropbox, Google Docs, dan masih banyak lainnya.

Menambahkan informasi pengguna di layar

Informasi pribadi seperti alamat e-mail atau nomer telepon yang bisa dikontak bisa ditampilkan di lockscreen. Fungsinya untuk berjaga-jaga jika ponsel tersebut hilang, kemudian ada orang yang ingin berniat baik mengembalikan.

Menyalakan enkripsi ponsel

Enkripsi “mengunci” data yang tersimpan di ponsel apabila perangkat hilang. Fitur ini bisa diaktifkan di perangkat yang menjalankan Android 4.1 Jelly Bean atau yang lebih baru dengan cara membuka aplikasi Settings > Security > Encript Phone. Enkripsi juga bisa diterapkan sebelum melakukan Factory Wipe (misalnya saat ingin menjual perangkat) untuk memastikan data di ponsel benar-benar tidak bisa diakses lagi.
Previous
Next Post »